Sabtu, 02 Februari 2013

Mari Mengenal AMD Vishera (prosesor terkini dari AMD)



Halo para pejuang kehidupan a.k.a mahasiswa . . .
Kali ini saya akan sedikit share tentang prosesor AMD generasi terbaru yang berasitektur “Piledriver”, generasi terbaru prosesor seri FX ini baru diluncurkan pada 23 Oktober 2012 lalu.
            Sebenernya prosesor dengan kode “Vishera” ini merupakan generasi lanjutan dari seri sebelumnya yaitu seri “Bulldozer”. Seri “Vishera” ini di beberapa forum dikatan memiliki kinerja lebih baik dari seri “Zambezi” yang berasitektur Bulldozer, dan lebih hemat daya.
            Prosesor AMD Vishera yang merupakan seri penerus Zambezi memiliki kelebihan yang sama dengan seri sebelumnya, yaitu menjalankan clockspeed tinggi, lihat saja seri AMD FX 4300 vishera saja memiliki clock normal 3,8 GHz, itu saja belum di OC (overclock), jika menggunakan fitur turbo frequency clock prosesor ini bisa mencapai 4 GHz, tentu jika anda meng-OC prosesor ini lebih ekstrim lagi anda bisa mendapatkan clock yang jauh lebih tinggi, bahkan saya pernah baca prosesor seri FX8350 ini pernah di-OC dengan liquid nitrogen sampai 7,44 GHz. Bahkan untuk rekor dunia overclock tertinggi diraih seri AMD bulldozer FX8150 dengan clock mencapai 8,71 GHz. Dari sini saja kita sudah mengetahui bahwa seri Vishera masih memiliki keunggulan yang kurang lebih sama dengan bulldozer dalam hal overclockability
FX Vishera mendukung memori DDR3 dengan dual-channel dengan kapasitas maksimal memori 64 GB dengan kecepatan memori 1866 Mhz, prosesor AMD terbaru ini masih menggunakan socket AM3+ jadi bagi yang udah beli bulldozer gak usah ganti motherboard jika mau ganti ke piledriver “Vishera”.
            Seri AMD Vishera ini diluncurkan dalam 4 seri, yaitu seri FX 4300,FX6300,FX8320, dan seri FX8350, perbedaan dengan seri bulldozer adalah pada seri bulldozer menggunakan penamaan FX4100,FX6100,FX8100. Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini bro . . .




            Untuk para PC Enthusiast tentu prosesor ini menjadi target pembelian mereka, dengan chip unlocked dan bisa di-OC semau kita. Jika anda ingin mencari hasil clock yang besar pilihlah AMD seri terbaru ini, dengan harga yang jauh lebih terjangkau dari kompetitor lain, sebut saja “Intel” hehe . . .
            Dan jangan khawatir prosesor anda menjadi super panas karena prosesor dengan clock setinggi ini, prosesor di desktop ane dalam kondisi idle aja suhunya bisa mencapai 9° C dan dalam kondisi bekerja penuh paling sampai 35°C padahal kalau dilihat dari datasheet bulldozer suhu kerja maximumnya masih dikisaran 70° C, namun dengan syarat heatsink anda mumpuni,  ini saya kasih gambaran suhu di desktop ane gan . . .




         Sayangnya harga seri FX4300 dengan FX6300 selisihnya Cuma sekitar 10 dollar atau sekitar 100 ribu, jadi agak galau jika ingin membeli seri antara FX4300 dan FX6300. Tapi jika anda gamers atau renderer dengan budget tipis bak mahasiswa seperti saya, Vishera merupakan solusi tepat, hemat, bersahabat, bijaksana, membahana, luar biasa :D
        berikut ini adalah benchmark AMD FX4300 vs Intel i3 2100, klik disini gan


1 komentar: